Rabu, 22 April 2009

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kehamilan secara fisik

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kehamilan secara fisik

Faktor fisik seorang ibu hamil dipengaruhi oleh status kesehatan dan status gizi ibu. Status kesehatan dapat diketahui dengan memeriksakan diri melalui pelayanan kesehatan terdekat seperti : puskesmas, rumah bersalin, atau poliklinik kebidanan.

Tujuan Dari Pemeriksaan Kehamilan :

Memantau kemajuan kehamilan.

Meningkatkan dan mempertahankan kesehatan fisik dan mental ibu

Mengenali secara dini adanya ketidaknormalan atau komplikasi

Mempersiapkan ibu agar dapat melahirkan dengan selamat.

Mempersiapkan agar masa nifas berjalan normal.

Mempersiapkan peran ibu dan keluarga dalam menerima bayi.

Status gizi ibu hamil juga merupakan hal yang sangat berpengaruh selama masa kehamilan.

Kekurangan gizi akan menyebabkan akibat yang buruk bagi ibu dan janinnya dan ibu dapat menderita anemia, sehingga suplai darah yang mengantarkan oksigen dan makanan pada janinnya akan terhambat, sehingga janin akan mengalami gangguan pertumbuhan dan perkembangan.

kelebihan gizi dapat berdampak tidak baik terhadap ibu dan janin,dimana janin akan tumbuh besar melebihi berat normal, sehingga ibu akan kesulitan saat proses persalinan.

Status Gizi Ibu Hamil

Masa ibu hamil adalah masa dimana seseorang wanita memerlukan berbagai unsur gizi yang jauh lebih banyak daripada yang diperlukan dalam keadaan tidak hamil.

Diketahui bahwa janin membutuhkan zat-zat gizi dan hanya ibu yang dapat memberikannya. Dengan demikian makanan ibu hamil harus cukup bergizi agar janin yang dikandungnya memperoleh makanan bergizi cukup .

tertera jumlah unsur-unsur gizi yang dianjurkan selama hamil: kalori 2500 kal, protein 80 g, garan kapur 7,8 g, ferum 18 mg, vitamin A 4000 Kl, vitamin B1 1,2 mg, vitamin C 25 mg

Tidak ada komentar: